Senin, 12 April 2010




AZAS-AZAS EKOLOGI
I. PENDAHULUAN
Alam sekitar merupakan anugerah yang luar biasa yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada manusia agar mereka bisa memanfaatkannya kelangsungan hidup manusia di bumi. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya :

“ Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu,... “(Q.S. Al-Baqarah : 29)
Kekayaan alam sekitar kita ini, merupakan warisan yang perlu kita lestarikan demi kelangsungan hidup organisme-organisme yang ada didalamnya. Akibat ulah tangan manusia yang merusak alam sekitar telah menimbulkan masalah lingkungan yang akan berdampak musnahnya organisme yang menempati suatu wilayah tersebut.
disebutkan dlam Al-Qur'an yang artinya :
“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (Q.S. Ar-Ruum : 41)
Untuk itu, Mata Kuliah Ekologi Lingkungan diberikan agar Mahasiswa mampu menumbuhkan rasa kepedulian terhadap alam yang semakin rusak dan tetap menjaga kelestarian alam sekitar.


II. RUMUSAN MASALAH
A. Apakah Pengertian Ekologi itu ?
B. Apasaja Ruang Lingkup dari Ekologi ?
C. Apa Azas - Azas dari Ekologi ?
D. Bagaimana Hubungan Interaksi Antar Komponen Ekologi ?

III. PEMBAHASAN
A. Pengertian Ekologi
Inti permasalahan makhluk hidup adalah hubungan makhluk hidup, khususnya manusia dan lingkungan hidupnya. Ilmu tentang hubungan timbal balik makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ekologi. Oleh karena itu, permasalahan lingkungan hidup pada hakekatnya adalah permasalahan ekologi.
Istilah Ekologi pertama kali di perkenalkan oleh Ernest Heckel yakni seorang Biologi dari Jerman. Istilah Ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos yang berarti rumah atau tempat tinggal, dan logos yang berarti ilmu.oleh karena itu secara harfiah ekologi berarti ilmu tentang makhluk hidup dalam rumahnya atau secara harfiah bisa dikatakan ilmu tentang rumah tangga makhluk hidup.



Konsep lingkaran ekonomi dan ekologi
Ekologi dan ekonomi mempunyai persamaan, yaitu sama-sama mempunyai alat transaksi. Dalam ekonomi alat transaksinya adalah uang, sedangkan ekologi menggunakan materi, energi, dan informasi.
Menurut Soerinegara, Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan. Sedangkan menurut Irwan, Ekologi adalah ilmu pengetahuan mengenai hubungan organisme dengan lingkungan.
B. Ruang Lingkup dari Ekologi
Dalam kajian pembelajarannya, ekologi mempunyai beberapa ruang lingkup yang meliputi:
1. Individu
Indivudu merupakan organisme tunggal.. seperti, seekor tikus, seorang manusia.
2. Populasi
Populasi adalah sekumpulan dari individu sejenis yang hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu.misalnya, populasi padi di sawah, populasi ikan di dalam kolam dsb.
3. Komunitas
Komunitas adalah kumpulan dari berbagai populasi yang saling berinteraksi pada tempat dan waktu yang sama.misalnya, komunitas sawah,.
4. Ekosistem
Ekosistem adalah kumpulan beberapa komunitas beserta lingkungan biotik dan lingkungan abiotik yang ada didalamnya.
5. Biosfer
Biosfer adalah kesatuan dari berbagai ekosistem, meliputi semua organisme dan lingkungannya yang berinteraksi untuk kelangsungan sistem pendayagunaan energi dan daur ulang materi.
C. Azas – Azas Ekologi
Komponen atau azas penyusun ekologi terdiri dari dua macam komponen yaitu :
1. Komponen Biotik
Yaitu komponen yang berupa makhluk hidup, baik tumbuhan maupun hewan. Dalam sebuah ekosistem tumbuhan berperan sebagai produsen dan hewan sebagai konsumen.
2. Komponen Abiotik
Yaitu komponen yang tak hidup, yang meliputi faktor fisik dan kimia. Seperti suhu, sinar matahari, air, tanah, ketinggian, angin, dsb.
D. Interaksi Antar Komponen.
1. Interaksi Antar Organisme
Semua makhluk hidup selalu bergantung pada makhluk hidup yang lain, baik dengan individu sejenis, populasi maupun dengan suatu koomunitas. Interaksi antar organisme meliputi:
a. Netral adalah hubungan yang tidak saling menggaggu atau mempengaruhi satu sama lain. Contoh: ayam dengan sapi, tikus dengan serangga.
b. Predasi adalah hubungan antara mangsa dan pemangsa. Contoh: singa dengan kijang, kucing dengan tikus.
c. Parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang hanya menguntungkan pihak lain. Contoh: Plasmodium dengan manusia.
d. Komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang satu di untungkan sedangkan yang lain dirugikan. Contoh: Anggrek dengan pohon yang ditumpanginya.
e. Mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contoh: Rhizobium dengan akar kacang-kacangan.
2. Interaksi Antar Komponen Biotik Dengan Abiotik.
Interaksi antara komponen biotik dengan komponen abiotik membentuk suatu hubungan antara organisme dengan lingkungannya yang menyebabkan aliran energi dalam sistem tersebut, selain aliran energi juga terdapat keanekaragaman biotik serta siklus materi. Dengan adanya interaksi tersebut suatu ekosisitem dapat mempertahankan keseimbangannya.

IV. KESIMPULAN
Dari pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa :
A. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan.
B. Ruang lingkup ekologi meliputi individu, populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer.
C. Azas-azas ekologi terdiri dari komponen biotik dan abioatik.
D. Interaksi antar komponen meliputi interaksi antara organisme dan interaksi antara komponen biotik dan abiotik yang membentuk ekosistem agar menjadi seimbang.

V. PENUTUP
Demikian makalah ini kami buat. Kami yakin bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu kami mohon saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan makalah ini. Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amien.










DAFTAR PUSTAKA

• Abas, Muhammad. Panduan Belajar Biologi 1B. Jakarta: Yudistira. 2002.
• Al Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta : Departemen Agama RI.2003.
• Indriyanto. Ekologi Hutan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2006.
• Pratiwi. Buku Penuntun Biologi Kelas1. Jakarta: Erlangga. 1996.
• Syamsuri, Istamar. Biologi 2A Untuk SMA Kelas XI Semester 1. Jakarta; Erlangga..2004.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Coolleeach Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template